TK Pekanbaru – “Science” Pada Anak Usia Dini

tk pekanbaru - science

TK Pekanbaru – Alumna Islamic School pada kesempatan ini akan berbagi artikel mengenai “Penanaman Science Pada Anak Usia Dini

.

Kehidupan ananda tidak dapat lepas dari sains, kreativitas dan aktivitas sosial. Makan, minum, menggunakan berbagai benda yang ada di rumah seperti radio, TV, dan kalkulator tidak lepas dari sains dan teknologi. Oleh sebab itu, Bunda guru hendaknya dapat menstimulasi ananda dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan sains dan teknologi. Untuk itu, seorang guru perlu mempelajari konsep-konsep keilmuan dan cara pengajarannya.

.

Sains juga melatih ananda menggunakan lima inderanya untuk mengenal berbagai gejala benda dan gejala peristiwa. Ananda dilatih untuk melihat, meraba, membau, merasakan dan mendengar. Semakin banyak keterlibatan indera dalam belajar, ananda semakin memahami apa yang dipelajari. Ananda memperoleh pengetahuan baru hasil penginderaanya dengan berbagai benda yang ada disekitarnya. Pengetahuan yang diperolehnya akan berguna sebagai modal berpikir lanjut. Melalui proses sains, ananda dapat melakukan percobaan sederhana. Percobaan tersebut melatih anak menghubungkan sebab dan akibat dari suatu perlakuan sehingga melatih ananda berpikir logis.

.

Dalam pembelajaran sains, ananda juga berlatih menggunakan alat ukur untuk melakukan pengukuran. Alat ukur tersebut dimulai dari alat ukur nonstandar, seperti jengkal, depa atau kaki. Selanjutnya ananda berlatih menggunakan alat ukur standar. Ananda secara bertahap berlatih menggunakan satuan yang akan memudahkan mereka untuk berfikir secara logis dan rasional. Dengan demikian sains juga mengembangkan kemampuan intelektual ananda.

.

Pembelajaran sains untuk anak usia dini difokuskan pada pembelajaran mengenai diri sendiri, alam sekitar dan gejala alam. Pembelajaran Sains pada anak usia dini memiliki beberapa tujuan, diantaranya yaitu :

 

  1. Membantu pemahaman anak tentang konsep sains dan keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari.
  2. Membantu menumbuhkan minat pada anak usia dini untuk mengenal dan memperlajari benda-benda serta kejadian di lingkungan sekitarnya.
  3. Membantu ananda agar mampu menerapkan berbagai konsep sains untuk menjelaskan gejala-gejala alam dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Membantu anak usia dini untuk dapat mengenal dan memupuk rasa cinta kepada alam sekitar sehingga menyadari keagungan Tuhan Yang Maha Esa

 

 Strategi pembelajaran sains

.

Untuk mengenalkan pembelajaran sains pada anak usia dini adalah sebagia berikut :

.

  1. Bersifat konkrit
    Benda-benda yang digunakan bermain dalam kegiatan pembelajaran adalah benda yang konkrit (nyata). Pendidik tidak dianjurkan untuk menjejali anak dengan konsep-konsep abstrak. Pendidik sebaiknya menyediakan berbagai benda dan fasilitas lainnya yang diperlukan agar anak dapat menemukan sendirri konsep tersebut.

.

  1. Hubungan sebab akibat terlihat secara langsung
    Anak usia 5-6 tahun masih sulit menghubungkan sebab akibat yang tidak terlihat secara langsung karena pikiran mereka yang bersifat transduktif. Anak tidak dapat menghubungkan sebab-akibat yang tidak terlihat secara langsung. Jika anak melihat peristiwa secara langsung, membuat anak mampu mengetahui hubungan sebab akibat yang terjadi. Sains kaya akan kegiatan yang melatih anak menghubungkan sebab akibat.

.

  1. Memungkinkan anak melakukan eksplorasi
    Kegiatan sains sebaiknya memungkinkan anak melakukan eksplorasi terhadap berbagai benda yang ada disekitarnya. Pendidik dapat menghadirkan objek dan fenomena yang menarik ke dalam kelas. Misalnya guru menghadirkan induk kucing dengan anaknya, atau ulat yang akan menjadi kepompong. Anak akn merasa senang memperhatikan perilaku dan perubahan yang terjadi terhadap binatang tersebut. Bermain dengan air, magnet, balon, suara atau bayang-bayang akan membuat anak sangat senang. Anak juga akan dapat menggunakan hampir semua panca indranya untuk melakukan eksplorasi atau penyelidikan.

.

  1. Memungkinkan anak menkonstruksi pengetahuan sendiri.
    Sains tidak melatih anak untuk mengingat berbagai objek, tetapi melatih anak mengkonstruksi pengetahuan berdasarkan objek tersebut. Oleh karena itu kegiatan pengenalan sains tidak cukup dengan memberitahu definisi atau nama-nama objek, tetapi memungkinkan anak berinteraksi langsung dengan objek dan memperoleh pengetahuan dengan berbagai inderanya dari objek tersebut. Oleh sebab itu sangat tidak tepat jika memperkenalkan anak berbagai objek melalui gambar atau model. Anak membutuhkan objek yang sesungguhnya.

.

  1. Memungkinkan anak menjawab persoalan ”apa” dari pada ”mengapa”
    Keterbatasan anak menghubungkan sebab akibat menyebabkan anak sulit menjawab pertanyan ”mengapa”. Pertanyaan tersebut harus dijawab dengan logika berfikir sebab akibat. Jika anak bermain dengan air di pipal lalu anak ditanya ”apa yang akan terjadi jika ujung pipa dinaikkan?”. Anak dapat menjawab, ”air akan mengalir melalui ujung yang lain yang lebih rendah.” tidak perlu anak ditanya ”mengapa jika ujung ini dinaikkan, air akan mengali ke ujung yang lebih rendah”? Hal itu tidak akan dapat dijawab oleh anak. Sering anak menerjemahkan pertanyaan ’mengapa” dengan ”untuk apa”, sehingga pertanyaan mengapa akan dijawab ”agar” atau ”supaya”.

.

TK Islam Pekanbaru – Alumna Islamic School juga telah melaksanakan pengenalan “Science” pada Ananda, salah satunya seperti yang terlihat pada gambar : Ananda sedang melakukan eksperimen “gunung meletus”. Nah.. gimana Ayah Bunda? Tertarik untuk mengenalkan dan menerapkan science pada Ananda?

.

Mari.. percayakan pendidikan buah hati Ayah Bunda kepada kami di:
HEAD OFFICE

Jl. Nuri No. 28 Sukajadi Pekanbaru

Phone : 0761 32870 – 08117535500

email : alumnaislamicschool@gmail.com

 

TK ALUMNA ISLAMIC SCHOOL PEKANBARU CAB. SUKAJADI

Jl. Nuri No. 28 Sukajadi Pekanbaru

Phone : 0761 32870 – 08117535500

email : alumnaislamicschool@gmail.com

 

TK ALUMNA ISLAMIC SCHOOL PEKANBARU CAB. Gobah

Jl. Hangjebat No.52 Gobah Pekanbaru

Phone : 0761 24145 – 085264777907

email : alumnaislamicschool@gmail.com

 

Atau Ayah Bunda dapat menghubungi kami di kontak TK Pekanbaru Alumna Islamic School

TK PEKANBARU | TK ISLAM PEKANBARU | BABY DAY CARE PEKANBARU

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s