TK Islam Pekanbaru – Menanamkan Kegemaran Shalat Sejak Usia Dini

tk pekanbaru - sholat.jpg

TK Islam Pekanbaru Alumna Islamic School pada kesempatan ini akan berbagi artikel mengenai “Pentingnya Menanamkan Kegemaran Shalat Pada Anak Sejak Usia Dini”

 

Mendidik anak agar melakukan perbuatan yang wajib tentu membutuhkan pelatihan sejak dini. Nabi menganjurkan agar melatih anak shalat sejak usia 7 tahun. Dan memberi sanksi apabila anak meninggalkan shalat saat usia 10 tahun. Perlu dicatat, menurut hukum fiqh, anak usia 7-10 tahun belum wajib melakukan shalat karena belum mencapai akil baligh. Jadi, melatih shalat untuk pembiasaan saja.

.

Karena pembelajaran shalat untuk anak usia dini adalah dalam rangka pembiasaan, anda bisa menyediakan sajadah anak yang disukainya agar si anak merasa nyaman, bukan karena kewajiban, maka orang tua dapat melatih anak dengan cara-cara berikut ini :

 

  • Teladan

Memberikan keteladanan dengan cara mengajak anak melaksanakan shalat berjamaah di rumah. Keteladanan yang baik membawa kesan positif dalam jiwa anak. Orang yang paling banyak diikuti oleh anak dan yang paling kuat menanamkan pengaruhnya ke dalam jiwa anak adalah orang tuanya. Oleh karena itu, Rasulullah saw memerintahkan agar orang tua dapat menjadi teladan yang baik bagi anak-anak mereka. Pada tahap awal, keteladanan yang dapat dicontoh anak adalah gerakan-gerakan shalat.

  • Melatih berulang-ulang

Melatih gerakan dan bacaan shalat pada anak usia dini hendaknya dilakukan dengan cara berulang-ulang  Semakin sering anak usia dini mendapatkan stimulasi tentang gerakan shalat, apalagi diiringi dengan pengarahan tentang bagaimana gerakan yang benar secara berulang-ulang maka anak usia dini semakin mampu melakukannya. Begitu juga dengan bacaan shalat. Semakin sering di dengar oleh anak, maka semakin cepat anak hafal bacaan shalat tersebut.

  • Suasana nyaman dan Aman.

Menghadirkan suasana belajar shalat yang memberikan rasa aman dan menyenangkan bagi anak dalam menerima seluruh proses pendidikan shalat yang diselenggarakan saat anak usia dini mengikuti gerakan orang tua dalam shalat, pada tahap awal terkadang bisa mengganggu kekhusukan shalat orang tua.

.

Mengapa harus pada umur-umur tersebut? Karena pada umur tujuh tahun, kemampuan akalnya mulai berkembang secara bertahap, sehingga pada usia itu anak-anak harus mulai diperintahkan untuk melaksanakan salah satu kewajiban sebagai seorang muslim, yaitu sholat.

Demikian juga, anak harus dibiasakan untuk menjauhi kondisi tidak kondusif yang dapat menjurus ke perilaku haram. Misalnya, orang tua hendaknya tidak membiasakan berperilaku kasar pada anak agar anak kelak tidak berperilaku serupa. Begitu juga, orang tua harus memberi contoh dalam kata dan perilaku bahwa kejujuran adalah martabat tertinggi manusia, agar anak tidak menjadi pencuri saat dewasa. Pemisahan yang jelas antar lawan jenis yang bukan mahram (muhrim) harus dibiasakan di rumah, agar anak tahu batas-batas pergaulan dan tidak terjerumus ke perzinahan.

.

TK Islam Pekanbaru – Alumna Islamic School pun telah menerapkan kegiatan belajar berwudhu, shalat berjamaah, tahfidz dan berbagai kegiatan religi lain-nya sebagai sarana untuk pengenalan dan membangkitkan kegemaran pada Ananda.

 

Demikian artikel dari TK Alumna Islamic School Pekanbaru. Semoga bermanfaat bagi Ayah Bunda.

HEAD OFFICE
Jl. Nuri No. 28 Sukajadi Pekanbaru
Phone : 0761 32870 – 08117535500
email : alumnaislamicschool@gmail.com

TK ALUMNA ISLAMIC SCHOOL PEKANBARU CAB. SUKAJADI
Jl. Nuri No. 28 Sukajadi Pekanbaru
Phone : 0761 32870 – 08117535500
email : alumnaislamicschool@gmail.com

TK ALUMNA ISLAMIC SCHOOL PEKANBARU CAB. Gobah
Jl. Hangjebat No.52 Gobah Pekanbaru
Phone : 0761 24145 – 085264005600
email : alumnaislamicschool@gmail.com

Atau Ayah Bunda dapat menghubungi kami di kontak TK Pekanbaru Alumna Islamic School

 

TK PEKANBARU | TK ISLAM PEKANBARU | BABY DAY CARE PEKANBARU

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s