TK di Pekanbaru

Masa Kecil HARUS Bahagia – TK ALUMNA ISLAMIC SCHOOL PEKANBARU

TK PEKANBARU ALUMNA ISLAMIC SCHOOL – Masa Kecil Bahagia.

Bermain di masa kecil bagi Ananda merupakan kegiatan yang dapat disamakan dengan bekerja pada orang dewasa. Bermain memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan masa kecil Ananda.

Kegiatan bermain dapat mengembangkan berbagai potensi pada anak usia dini seperti ananda, tidak saja pada potensi fisik tetapi juga pada perkembangan kognitif, bahasa, sosial, emosi, kreativitas dan pada akhirnya prestasi akademik.
TK di Pekanbaru
Kegiatan bermain bagi ananda dapat bermanfaat seperti berikut :

  1. Dapat memperkuat dan mengembangkan otot dan koordinasi Ananda melalui gerak, melatih motorik halus, motorik kasar dan keseimbangan karena ketika bermain fisik anak juga belajar memahami bagaimana kerja tubuhnya.
  2. Dapat mengembangkan keterampilan emosi Ananda, rasa percaya diri pada orang lain, kemandirian dan keberanian untuk berinisiatif karena saat bermain Ananda sering bermain pura-pura menjadi orang lain, binatang atau karakter orang lain. Ananda juga belajar melihat dari sisi orang lain (empati).
  3. Dapat mengembangkan kemampuan intelektual Ananda karena melalui bermain mereka seringkali melakukan eksplorasi terhadap segala sesuatu yang ada di lingkungan sekitarnya sebagai wujud rasa keingintahuannya.
  4. Dapat mengembangkan kemandirian Ananda dan menjadi dirinya sendiri karena melalui bermain Ananda selalu bertanya, meneliti lingkungan, belajar mengambil keputusan dan berlatihperan sosial sehingga Ananda menyadari kemampuan serta kelebihannya.

Agar fungsi bermain di masa kecil ananda dapat terlaksana dengan baik, terdapat enam karakteristik kegiatan bermain yang perlu dipahami oleh stimulator sebagai berikut:

  1. Bermain adalah aktivitas nyata atau sesungguhnya, oleh karenanya bermain melibatkan partisipasi aktif baik secara fisik maupun mental, seperti saat Ananda bereksplorasi dengan bermain air.
  2. Bermain datang dari dalam diri Ananda, artinya keinginan bermain harus muncul dari dalam diri Ananda sehingga Ananda dapat menikmati dan bermain  sesuai dengan caranya sendiri. Itu artinya bermain dilakukan dengan kesukarelaan, bukan paksaan.
  3. Bermain harus terbebas dari aturan yang mengikat karena bermain adalah suatu kegiatan untuk dinikmati, Ananda memiliki cara bermainnya sendiri. Oleh karena itulah bermain bagi Ananda selalu menyenangkan, mengasyikkan dan mengairahkan.
  4. Bermain didominasi oleh pemain dimana pemainnya adalah Ananda itu sendiri, bukan didominasi oleh orang dewasa.
  5. Bermain fokus pada proses daripada hasil artinya dalam bermain Ananda mengenal dan mengetahui apa yang ia mainkan dan mendapatkan keterampilan baru.
  6. Bermain melibatkan pemain secara aktif, artinya Ananda sebagai pemain harus terjun langsung dalam bermain. Jika Ananda pasif dalam bermain maka ia tidak akan memperoleh pengalaman baru karena bagi Ananda bermain adalah bekerja untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru.

Jadi ayah dan bunda..berikan waktu sebanyak-banyak nya untuk masa kecil ananda tercinta, dan selalu di awasi ya….

TK PEKANBARU | TK DI PEKANBARU | ALUMNA ISLAMIC SCHOOL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s