TK ISLAM PEKANBARU

TK ISLAM PEKANBARU | “ROLE PLAYING”

TK Islam Pekanbaru,

TK ISLAM PEKANBARU

Assalamualaikum, Ayah & Bunda..

Pada artikel hari ini Kami akan membahas mengenai “ROLE PLAYING”

Ayah & Bunda udah pada tahu apa itu ROLE PLAYING?

Nah, role playing atau bermain peran adalah sejenis permainan gerak yang didalamnya ada tujuan, aturan dan sekaligus melibatkan unsur senang. Dalam role playing Ananda dikondisikan pada situasi tertentu di luar lingkungan sekolah, meskipun saat itu pembelajaran terjadi di dalam lingkungan sekolah. Selain itu, role playing juga bisa dimaksudkan sebagai suatu bentuk aktivitas dimana Ananda membayangkan dirinya seolah-olah berada di luar sekolah dan memainkan peran orang lain.

Metode Role Playing adalah suatu cara penguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan Ananda dengan memerankannya sebagai tokoh hidup atau benda mati. Permainan ini pada umumnya dilakukan lebih dari satu orang, hal itu bergantung kepada apa yang diperankan.

Pada metode bermain peranan, titik tekanannya terletak pada keterlibatan emosional dan pengamatan indera ke dalam suatu situasi masalah yang secara nyata dihadapi. Ananda diperlakukan sebagai subyek pembelajaran, secara aktif melakukan praktik-praktik berbahasa (bertanya dan menjawab) bersama teman-temannya pada situasi tertentu. Belajar efektif dimulai dari lingkungan yang berpusat pada diri Ananda sendiri. Lebih lanjut prinsip pembelajaran memahami kebebasan berorganisasi, dan menghargai keputusan bersama, Ananda akan lebih berhasil jika mereka diberi kesempatan memainkan peran dalam bermusyawarah, melakukan pemungutan suara terbanyak dan bersikap mau menerima kekalahan sehingga dengan melakukan berbagai kegiatan tersebut dan secara aktif berpartisipasi, mereka akan lebih mudah menguasai apa yang mereka pelajari.

Jadi, dalam pembelajaran murid harus aktif, karena tanpa adanya aktivitas, maka proses pembelajaran tidak mungkin terjadi.

TK Islam Pekanbaru, ALUMNA ISLAMIC SCHOOL juga menerapkan permainan ROLE PLAYING

Para Ananda di ALUMNA pun juga turut serta bermain ROLE PLAYING, dan peran yang para Ananda mainkan adalah profesi. Ananda diminta untuk memilih profesi sesuai cita-cita atau kesukaan Ananda.

Yuk kita bebaskan Ananda untuk mengembangkan imajinasI dan penghayatan terhadap tokoh yang ingin diperankannya.^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s